News

10/recent/ticker-posts

Ads

Panas Persaingan Bisnis Layanan Internet Di Masa Pandemi

Trending News - Persaingan bisnis layanan internet broadband akan semakin kencang. Hal itu seiring rencana PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Axiata Group Berhad yang akan menjadi pengendali baru PT Link Net Tbk (LINK).

EXCL dan Axiata Group berniat mengakuisisi 1,82 miliar saham atau setara 66,03% saham Link Net. EXCL dan Axiata telah meneken term sheet yang belum mengikat untuk akuisisi saham Link Net. Mereka akan membeli saham LINK milik Asia Link Dewa Pte Ltd dan PT First Media Tbk (KBLV).

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih enggan mengungkapkan rencana EXCL setelah akuisisi LINK. "Kami belum bisa membuka lebih lanjut [rencana bisnis] karena saat ini masih dalam tahap kesepakatan awal tidak mengikat," ungkap dia kepada KONTAN, kemarin.

Namun yang pasti, EXCL akan terus mengembangkan layanan broadband dengan merek XL Home.

Sementara PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui layanan IndiHome optimistis bisa menambah 1,5 juta pelanggan baru menjadi 9,6 juta pelanggan sampai akhir tahun 2021. Hingga akhir Maret 2021, pelanggan IndiHome mencapai 8,1 juta pelanggan.

Pemain lainnya, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak mau ketinggalan. PLN berbisnis internet broadband melalui anak usahanya, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) yang mengusung brand Iconnet.

Corporate Secretary ICON+ Tetty Indrawati mengatakan, Iconnet kini sudah memiliki lebih dari 40.000 pelanggan dengan target pelanggan di tahun 2021 lebih dari 100.000 pelanggan.


Kontributor:
Agus Sugianto
Sumber:
Kontannews